NEWS UPDATE :  
SMA MULTAZAM IBS (Islamic Boarding School)

Berita

SMA MULTAZAM IBS SEMARANG: GELAR KARYA SENI RUPA SEBAGAI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Project Based Learning adalah sebuah metode pembelajaran menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Pameran seni rupa menjadi salah satu pembelajaran dengan sistem project based learning. Hal ini di karenkan pameran seni rupa merupakan kegiatan yang berbasis proyek. Dan menggunakan media. Gelar karya seni rupa berusaha memperkenalkan, menunjukan, dan mempromosikan karya seni rupa . Selain itu, gelar karya seni rupa menjadi media untuk mengkomunikasikan nilai seni itu sendiri. Salah satu manfaat dalam acara pameran seni rupa adalah melatih peserta didk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab

SMA Multazam IBS Semarang menyelenggarakan acara gelar karya seni rupa. Acara gelar karya seni rupa ini diadakan Rabu,  31 Mei 2023 oleh tim panitia dari kelas sebelas. Pagelaran ini menampilkan berbagai macam karya seni rupa dari kelas sebelas dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Acara ini di selenggarakan terpisah antara putra maupun putri karena SMA Multazam IBS Semarang merupakan sekolah yang berbasis pondok pesantren. Sehingga, pada prosesnya antara peserta didik putra dan putripun berlangsung secara terpisah. “Gelar karya kali ini kami mengusung tema “IMAJINASIMU”, karena memang setiap insan memiliki imajinasinya masing masing yang berbeda dari orang lain.”, ujar Aditia Pratama selaku ketua panitia gelar karya. “Selain itu, gelar karya ini bertujuan untuk memberi bekal pengalaman sekaligus sebagai sarana untuk mengasah keterampilan dan kreativitas peserta didik.”, imbuhnya kemudian.

Acara gelar karya seni rupa dibuka oleh kepala SMA Multazam IBS Semarang, Maryani, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa gelar karya seni rupa Kelas XI ini merupakan bentuk implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru bedasarkan pengalamannya dengan beraktivitas secara nyata. Hal ini akan membentuk peserta didik agar fokus pada kerja sama dalam sebuah kelompok dan fokus pada perkembangan mereka. “Semoga dengan model pembelajaran ini, peserta didik akan menyadari arti penting sebuah kerja sama dan perkembangan dirinya”, tuturnya.

Banyak pegunjung yang menghadiri acara gelar karya ini. Mulai dari guru-guru, hingga peserta didik dari jenjang SMP hingga SMA. Walaupun dengan tempat dan pengunjung yang minim, tetapi tim panitia telah berhasil menyelenggarakan gelar karya seni rupa tersebut dengan lancar dan sukses. Kami berharap, gelar karya seni rupa di tahun berikutnya dapat berlangsung lebih baik dengan tempat yang memadai, peralatan yang lengkap, dan lebih banyak pengunjungnya., tutur M. Saefudin Zuhri, S. Pd. selaku guru mapel seni rupa.

 

 

Shalat Idhul Adha Di Masjid Al-Baroroh Pesantren M
Kalender

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30